Tips Aman Menggunakan Escalator

tips-aman-di-escalatorMungkin anda pernah mendengar berita mengenai seorang anak yang mengalami kecelakaan karena tangan atau kakinya terjepit eskalator dan si anak itu terjepit dalam waktu yang cukup lama karena harus menunggu petugas datang untuk menghentikan eskalator.

Saya coba memberikan tips-tips dan pengalaman saya untuk menghindari kecelakaan akibat eskalator.

Berikut ini tips aman berjalan di eskalator :

  1. Selalu melihat kedepan, searah dengan jalanya eskalator. Hal ini untuk mengantisipasi apabila didepan ada halangan atau batas eskalator atau pengguna eskalator di depan anda terjatuh.
  2. Berpeganganlah pada handrail yang disediakan sehingga kita tidak mudah terjatuh. Karena dalam posisi di eskalator kita mudah sekali kehilangan keseimbangan.
  3. Hindari bagian tepi dari setiap anak tangga, karena sangat beresiko menjepit kita. Biasanya ada garis batas warna kuning ditepi anak tangga tersebut sebagai pembatas tempat kaki kita.
  4. Menggunakan alas kaki yang aman, karena beberapa alas kaki tidak diperkenankan untuk digunakan saat berada di eskalator.
  5. Hindari membawa anak didalam stroller saat menggunakan eskalator. Lebih disarankan menggunakan elevator atau lift. Tetapi apabila terpaksa lebih baik posisi anak tidak didalam stroller.
  6. Berikan informasi mengeanai bahaya dari penggunaan eskalator yang tidak tepat. Misal bermain diatas eskalator, atau tidak berpegangan pada handrail dsb.
  7. Apabila terjadi kecelakaan, temukan tombol untuk mematikan eskalator yang biasanya terletak dibagian sisi ujung eskalator baik di bagian atas maupun di bagian bawah dari Escalator, tombol tersebut berwarna merah. Atau anda bisa mendorong dengan kaki karet dibagian ujung eskalator dibawah handrail.

Demikian tips aman berjalan di eskalator, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *