control duplex hargalift

control duplex hargaliftSecara umum kwalitas pelayanan lift didalam gedung sering diukur dengan Average Waiting Time (AWT).Untuk mengatur dan mendapatkan kwalitas pelayanan yang baik diperlukan beberapa lift dalam suatu gedung yang diatur oleh suatu system pengaturan yang disebut “GROUP CONTROL”, yaitu : suatu system yang mengatur respond masing-masing lift pada panggilan dari luar (loby).

Jenis pengaturan tersebut dapat dikelompokan menjadi:

  1. Selective Collective : adalah control pada masing-masing lift, dimana lift dapat melayani panggilan penumpang dari luar (hall call) yang mempunyai arah yang sama dengan arah jalan lift saat itu (missal : pada saat naik, lift melayani semua panggilan pada yang kearah naik, sedang panggilan arah turun akan dilayani kemudian pada saat lift tersebut berjalan pada arah turun).
  2. Down/ Up Collective : adalah control pada lift (beberapa lift), dimana lift tersebut hanya melayani panggilan pada arah tertentu (down collective, melayani pada arah turun, sedangkan arah naik tidak dilayani kecuali pada lantai utama (main loby) saja.
  3. Duplex : adalah control pada 2 (dua) buah lift, dimana panggilan luar hanya dilayani oleh salah satu lift (kecuali di main loby).
  4. Command : adalah control pada 3 (tiga) atau lebih lift, dimana panggilan luar hanya dilayani oleh salah satu lift (kecuali di main loby).

Perlu diketahui bahwa ilmu tentang pelayanan lift dalam gedung ( traffic analysis) sudah merupakan ilmu tersendiri yang dikembangkan oleh para pakar lift dan tidak diajarkan pada pendidikan manapun. Dan untuk mendapatkan perhitungan AWT dari lift didalam gedung dapat ditanyakan pada supplier lift yang bersangkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *