kontrol panel lift

kontrol panel lift Sistem kontrol lift pada awalnya perkembanganya diawali dengan cara sangat sederhana, yaitu dengan mempergunakan tenaga non mekanik (mesin).

Sejarah perkembangan lift modern sebenarnya baru dimulai sjak 1830-an setelah diperkenalkannya pasangan wire rope dengan pully pada lift untuk pertambangan di Eropa yang segera diikuti oleh negara-negara lain termasuk Amerika.

Sampai awal 1970 perkembangan tersebut dikatakan relatip lambat, namun sejak diperkenalkannya transistor dan produk semi konduktor lain untuk pemakaian pada sistem kontrol lift, sejak saat itu perkembangan sistem kontrol mengalami perkembangan lebih cepat (umur suatu type sistem kontrol kontrol hanya sekitar 5 tahun).

Sistem kontrol elevator secara garis besar mempunyai sistem pengaturan yang dapat dikelompokan menjadi 3 bagian:

1. Pengaturan pada sistem penggerak (driving control).
2. Pangaturan pada sistem operasional (operation control).
3. Pengaturan pada sistem komando (group contol).

Perkembangan sistem pengaturan tersebut akhir-akhir ini berkembang sangat pesat terutama setelah diperkenalkan sistem digital pada sistem kontrol lift.

Perubahan tersebut merupakan reaksi nyata dari para produsen lift pada umumnya atas tuntutan pelanggan akan peningkatan eddisiensi baiya operasi dan performance pemakaian yang lebih baik.

Satu pihak perkembangan itu menghasilkan peningkatan performance dan effisiensi pemakaian, baik dalam hal penggunaan sumber daya listrik (energi), performance pemakaian maupun sistem perawatanya, namun disisi lain penanganan pada saat pemasangan, penyetelan ulang (re-adjustment) ataupun perbaikan kerusakan pada sistem kontrol memerlukan keahlian dan peralatan khusus untuk menanganinya.

Kecepatan perubahan tersebut juga berakibat memperpendek umur pergantian antar model (type) atau bahkan generasi sistem kontrol yang lama ke sistem kontrol yang baru dan ini memacu timbulnya paradigma baru didunia “ELEVATOR” yaitu “semakin meningkatnya ketergantungan pemakai lift kepada pemilik merek”.

 

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *