modernisasi passenger liftSejak berdirinya gedung-gedung bertingkat, maka dibutuhkan sarana alat transportasi untuk mendukung kegiatan di dalam gedung tersebut. Elevator sebagai alat transportasi vertikal mutlak dibutuhkan. Hal ini tidak bisa dipungkiri bahwa elevator menjadi hal utama yang harus disediakan oleh pemilik atau pengelola gedung.

Seiring dengan berjalanya waktu passenger lift, home elevator atau bed elevator yang sudah terpasang lebih dahulu dalam suatu gedung akan mengalami reduksi/ penurunan pada performa elevator yang diakibatkan karena usia pakai, kemampuan teknologinya, adanya pengaruh luar, kebutuhan pengelola ataupun tuntutan dari para penggunanya.

Akibat semakin menurunnya performa elevator biasanya akan mengakibatkan masalah yang demikian serius bagi pengguna maupun pengelola atau pemilik gedung. Apabila sudah sedemikian parah masalah yang timbul akibat performa elevator maka biasanya yang terfikir adalah “Mengganti Lift / Elevator”.

Mungkin anda perlu berfikir lebih bijaksana lagi dalam hal ini, bila gedung sudah terisi oleh penghuni/ penyewa/ tenant,  tentu akan timbul gangguan-gangguan akibat proses pembongkaran Lift / Elevator lama dan pemasangan Lift / Elevator baru, baik itu berupa kebisingan, debu, berantakan, hilir mudik peralatan, dan berhentinya pelayanan Lift / Elevator.

Jadi bagaimana solusinya?

Setidaknya ada dua pilihan untuk masalah ini :

1. Cara pertama adalah dengan cara dibuatkan akses tersendiri dan tertutup untuk pekerjaan tersebut, dan pekerjaan dilakukan di luar jam kerja, serta pekerjaan dilakukan bertahap.
Cara ini akan menyelesaikan gangguan mekanis yang timbul namum gangguan pelayanan masih cukup lama hingga proses finishing selesai, dan satu hal lagi biaya untuk pekerjaan di luar jam kerja pasti akan lebih besar dibandingkan dengan di dalam jam kerja, baik dari penyedia Lift/Elevator maupun dari pengawasnya.

2. Cara kedua adalah dengan MODERNISASI LIFT/ ELEVATOR

Bagaimana cara kerjanya?

Modernisasi baik itu passenger lift, home elevator atau bed elevator hanya difokuskan pada masalah penyebab penurunan performa Lift/ Elevator atau pada peralatan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kembali performa Lift dengan cara mengganti control panel lift (kecuali bila berpengaruh pada struktur atau kondisi gedung) dan selebihnya adalah tetap menggunakan komponen atau peralatan yang lama.

Mengapa bisa ?

Sebagaimana diketahui bahwa perbedaan yang sangat mencolok dari Lift/ Elevator lama dan baru selain dari tampak luar fisiknya (kereta, pintu-pintu dan aksesoriesnya), maka yang paling utama adalah teknologi dari sistem controlnya, sedangkan peralatan mekaniknya hampir tidak ada perubahan, seperti Mesin (mesin worm gear atau mesin roomless), Rail, Car Frame, Platform, Counterweight Frame, Buffer, Rope, Safety Block, Governor dll.

Dengan Modernisasi juga bisa menghemat waktu kerja dan dengan pemilihan sistem Control yang tepat dan penggantian/ perbaikan komponen sesuai maka akan didapatkan hasil yang sama dengan performa Lift/ Elevator baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *