panoramic liftBerdasarkan fungsinya, lift atau elevator dibagi menjadi beberapa kategori yaitu:

1. Pasenger Elevator/ Lift Penumpang

Passenger Elevator adalah elevator yang berfungsi khusus untuk mengangkut manusia saja, elevator ini sangat dijaga kehandalan sistem keamanannya. Hal ini karena menyangkut keselamatan manusia penumpang lift tersebut.

2. Observation Elevator/ Panoramic Lift.

Fungsinya sama dengan lift penumpang, hanya desainnya yang berbeda, dinding observation lift atau panoramic lift menggunakan kaca, atau biasa disebut  lift kapsul. Lift jenis ini biasa terpasang di mall.

* Sebagai catatan salah satu pengembangan dari observation elevator, adalah nude elevator, dimana car dan  enterancenya didesain dengan menggunakan kaca.

3. Dumbwaiter

Dumbwaiter fungsinya hanya untuk mengangkat makanan dan minuman saja, lift jenis ini banyak terpasang di restoran karena berdasarkan fungsinya hanya untuk mengangkut makanan dan minuman. Design dan ukuran lift ini hanya kecil saja dan kapasitas angkut tidak terlalu besar hanya 50kg-300kg. Elevator ini juga tak kalah handalnya dengan elevator penumpang namun ada sedikit perbedaan dalam hal system keamanannya.
4. Elevator Service/ Lift Service

Elevator service ini biasanya dipasang diperhotelan,fungsinya untuk mengantarkan barang ke kamar-kamar penghuni hotel. Elevator ini juga tak kalah handalnya dengan elevator penumpang, perbedaan dari lift service dengan elevator penumpang ini sangat jelas dari sistem pengangkutannya, yaitu elevator penumpang hanya khusus untuk manusia saja tapi elevator service ini berfungsi untuk mengangkut manusia dan barang.

5. Automobile Elevator.

Sebenarnya fungsinya hampir sama dengan lift barang, automobile elevator di rancang untuk mengangkut mobil. Dan tentunya ukuran dari kabinnya automobile elevator telah di sesuaikan dengan ukuran mobil. Control dari automobile elevator pun juga harus disesuaikan hal ini dimaksudkan untuk mempermudah operasional.

6. Bed Elevator/ lift rumah sakit.

Bed elevator atau lift rumah sakit  banyak dipasang di rumah sakit karena Lift jenis ini digunakan untuk membawa tempat tidur pasien di rumah sakit. Tentunya design dan ukurannya telah disesuaikan dengan standart bed pasien di rumah sakit.

7. Lift barang / Freight Elevator.

Lift barang berfungsi hanya untuk mengangkut barang, lift jenis ini biasanya mempunyai kapasitas yang lebih besar serta bukaan pintu / door opening yang lebih besar. Pintu yang digunakan berbeda dengan lift passenger atau lift-lift lainya. Lift barang biasanya menggunakan pintu harmonika dan dibuka secara manual.

8. Home Lift

Home Lift atau disebut dengan Lift Rumah yaitu Lift yang didesign dan diperuntukan untuk kebutuhan Rumah Tinggal. Mengenai model dan bentuknya hampir menyerupai dengan lift passenger namun lebih simple.

Kapasitas angkut home lift hanya untuk 2-4 orang saja. Dan design interiornya pun terlihat unik dan terkadang disesuaikan dengan selera sang pemilik rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *