motor traksi

motor traksi vs hidrolikDari masa ke masa jenis penggerak pesawat lift telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang mendampinginya/ dipergunakanya. Namun demikian pada umumnya jenis penggerak lift dapat digolongkan menjadi 2 (dua) kelompok yaitu:

1. Lift dengan sistem penggerak hydroulis atau hydroulic Elevator).
2. Lift dengan sistem penggerak dengan motor listrik (traction type elevator).

Meskipun kedua sistem tersebut juga mengalami perkembangan masing-masing , sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan pemasangan di lapangan yang dihadapinya. Akan tetapi ada perbedaan pokok dari kedua jenis lift tersebut yang perlu diperhatikan yaitu:

Hal yang perlu diperhatikanLift HidrolikLift motor traksi
1. Jarak pelayananTerbatas = 20 meterTeoritis tidak terbatas
2. Frekwensi pemmakaianTerbatas = 80 start stop perjamlebih dari 80 start stop perjam. Pada umumnya 180 start stop perjam
3. KecepatanTerbatas (max. 90 mpm)Teoritis tidak terbatas (1000 mpm)

Keterbatasan tersebut masih sulit untuk diatasi karena lebih banyak disebabkan fakktor material/ baan yang dipergunakan dan teknik pabrikasi, bahkan dari segi pengaturan.
Keterbatasan tersebut antara lain pada keterbatasan kemampuan mesin yang ada saat ini untuk membuat piston yang panjang yang dapat memenuhi persyaratan teknis serta besarnya pengaruh perubahan kekentalan oli pada kecepatan lift.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *