passenger lift atau lift penumpang

Elevator bedasarkan muatanSecara umum jenis lift dilihat dari pemakaian muatan dapat digolongkan menjadi 3(tiga) kelompok yaitu:

  1. Lift penumpang (passenger elevator).
  2. Lift barang (freight elevator).
  3. Lift pelayan (Dum waiter, lift barang berukuran kecil).

Lift pelayan (dumb waiter) sebenarnya termasuk dalam kategori lift barang namun oleh karena biasanya berkapasitas kecil antara 50kg s/d 300kg, maka lebih sering disebut lift pelayan (dumb waiter) daripada disebut lift barang.

Secara teknis lift-lift tersebut dapat kita bedakan pada interior dan perlengkapan operasi dari lift-lift tersebut. Juga pada sistem pengamanan operasi yang dipasang sebagian besar sama hanya pada dumb waiter sistem pengamanan operasi yang disediakan lebih sederhana.

Perbedaan tersebut akan semakin nyata apabila kita bandingkan antara lift barang untuk pabrik (besar) dengan penumpang yang dipergunakan didalam gedung-gedung diperkantoran.

Lift barang untuk pabrik (sesuai dengan kebutuhan) biasanya dilengkapi dengan pembukaan pintu-pintu yang lebih besar, baik dipasang dengan pembukaan secara horizontal (terdiri lebih dari dua daun pintu) maupun dipasang dengan sistem pembukaan pintu vertikal ( biasanya terdiri dari dua daun pintu atau lebih).

Perbedaan lain juga dapat dilihat pada cara penulisan kapasitas muatanya. Kapasitas yang digunakan pada COP (Car Operation Panel, Operation Panel Board) didalam kereta biasanya dinyatakan dalam kilogram (kg) atau (lbs) untuk jenis barang, sedangkan untuk lift penumpang seing dinyatakan dalam jumlah penumpang (person) atau kombinasi keduanya.

Akan tetapi perbedaan tersebut akan menjadi semakin tipis apabila kita perbandingkan lift penumpang dan lift barang yang terpasang dalam gedung perkatoran. Hal tersebut disebabkan karena sebagian besar lift barang yang terpasang didalam gedung hunian dipersyaratkan juga untuk dapat mengangkut penumpang/ orang. Oleh karena itu pembagian jenis lift dapat juga dilaksanakan sebagai berikut:

  1. Lift Penumpang (Passenger Elevator)
  2. Lift Service (Service Elevator, passenger-freight elevator)
  3. Lift Barang (Freight Elevator)
  4. Lift Pelayan (Dumb waiter)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *