elevator indonesia pertama

elevator indonesia pertamaElevator (Lift) di Indonesia pertama kali dipasang di gedung Jiwasraya yang terletak di Kota Lama Semarang. Didalam gedung yang berlantai tiga ini masih tersimpan sebuah lift yang dulu digunakan oleh orang Belanda. Dan dalam sejarah tercatat sebagai lift pertama di Indonesia. Sampai saat ini lift tersebut masih ada, namun sudah tidak berfungsi lagi.

Bentuk lift (elevator) masih terlihat asli. Hanya saja besi-besinya sudah berkarat. Untuk lantai lift terbuat dari kayu. Di dinding lift (elevator) masih terlihat jelas perusahaan pembuat lift yaitu Otis Elevator Company. Sedangkan panel control untuk pengoperasian lift sudah rusak.

Menurut Ketua Conservation Institute Ertim, Khrisna, tidak ada catatan kapan lift itu dipasang. Namun dia menyakini lift itu adalah yang pertama ada di Indonesia. “Kemungkinan besar lift dipasang saat bangunan ini dibangun. Bangunan ini relatif baru jika dibandingkan dengan bangunan lain di Kota Lama,” kata Khrisna.

Jika dilihat sejarah bangunan berdiri, lift di Gedung Jiwasraya ini sudah ada sejak zaman Belanda. Dulu gedung ini bernama De Nederlands Indies Leensverzekering dan Lifrente Maatschappij. Perusahaan ini bergerak di bidang Asuransi Jiwa Hindia Belanda dan Tunjangan Hidup pada 1916.

Namun Pada tahun 1957 perusahaan asuransi jiwa milik Belanda yang ada di Indonesia dinasionalisasi sejalan dengan program Indonesianisasi perekonomian Indonesia. Pada 17 Desember 1960 NILLMIJ van 1859 dinasionalisasi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 1958 dengan merubah namanya menjadi PT Perusahaan Pertanggungan Djiwa Sedjahtera.

Kemudian berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 214 tahun 1961, tanggal 1 Januari 1961, 9 perusahaan asuransi jiwa milik Belanda dengan inti NILLMIJ van 1859 dilebur menjadi Perusahaan Negara Asuransi Djiwa Eka Sedjahtera.

Seiring berjalannya waktu, sering kali ejaan nama asuransi jiwa berubah. Dan sampai namanya PT Asuransi Jiwasraya hingga sekarang.

* Sumber Merdeka.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *