hargalift.com

hargalift.comElevator atau pesawat lift termasuk dalam kategori alat transportasi atau lebih tepatnya disebut alat transportasi vertikal. Walaupun dikategorikan sebagai alat transportasi namun berbeda sekali dengan alat transportasi lain seperti bus, kereta api, pesawat udara atau transportasi lain. Dan perijinanya pun juga berbeda. Ada yang sesuatu yang unik dalam alat transportasi ini (elevator), kenapa:

  1. Elevator atau lift merupakan satu-satunya pesawat transportasi orang atau barang yang pada saat pengoperasianya tidak (atau bahkan tidak dapat) dioperasikan langsung oleh manusia.
  2. Penumpang elevator/ lift adalah penumpang yang mau tidak mau mempercayakan (keselamatan) sepenuhnya pada kehandalan sistem dari pesawat lift tersebut.
  3. Pesawat lift adalah salah satu alat transportasi yang sepanjang hidupnya berhubungan langsung dengan berbagai kondisi lingkungan dan persyaratan teknis yang berada dilingkunganya.
  4. Elevator/ lift adalah alat transportasi yang sepanjang hidupnya selalu berhubungan dengan perkembangan teknologi yang dipergunakanya (terutama pada sistem kontrol).

Masalah Perawatan

Mengingat elevator/ lift adalah alat transportasi angkut manusia atau barang yang unik, maka pekerjaan perawatan pesawat lift bukan merupakan pekerjaan yang sederhana, karena:

  1. Banyaknya variasi teknologi yang dipergunakan pada lift memerlukan pengalaman penanganan yang mendalam.
  2. Tingkat ketelitian yang tinggi untuk sebagian besar peraltan, baik itu peralatan mekanik ( terutama peralatan mekanik diruang luncur) ataupun peralatan elektrik (electronic, komputer) sangat memerlukan tingkat ketelitian dan perhatian yang amat khusus.
  3. Umur masing-masing komponen sangat tergantung pada kondisi/ lokasi gedung, sehingga diperlukan pendataan dan pengamatan siklus yang lebih cermat.

Umur Pakai dan kwalitas perawatan

Umur pakai pesawat lift tergantung dari kwalitas perawatanya, disamping pada kwalitas pemakaian pesawat lift itu sendiri. Secara umum kwalitas perawatan yang baik dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Pelaksanaan perawatan lift dilakukan sesuai dengan standar baku (dibakukan oleh pabrikan, pembuat lift tersebut).
  2. Pelaksanaan perawatan dikontrol oleh tenaga ahli yang diakui oleh pabrikan (yang selalu memperbaharui sistemnya secara terus menerus melalui program training).
  3. Tersedianya cukup peralatan (tools) yang memadai untuk melaksanakan perawatan sesuai dengan teknologi yang dipergunakan pada lift yang bersangkutan.
  4. Menerapka perawatan sistem “preventive maintenance” dengan menepati pergantian spare parts pada waktunya.
  5. Dilaksanakan oleh Agen/ Distributor resmi yang ditunjuk pabrikan (pemilik merk).

Oleh karena itu melaksanakan perawatan lift dengan baik merupakan suatu keharusan, kenapa? Alasanya karena, sebagai berikut:

  1. Untuk menjaga keamanan penumpang dan peralatan lift sendiri.
  2. Menjaga agar lift selalu dalam kondisi siap operasi setiap saat dengan aman dan nyaman.
  3. Untuk memperpanjang umur pakai dari pesawat lift itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *