Cara Menghidupkan dan Mematikan Lift

hydraulic passenger lift

Karena fungsi lift adalah untuk transportasi, agar setiap saat dapat dipergunakan maka sebetulnya lift tersebut tidak usah dimatikan. Jika lift tidak dipakai, maka ia akan berhenti dengan pintu keadaan tertutup.

Berikut ini akan kami uraian cara-cara menjalankan dan mematikan lift:

A. Cara Menghidupkan Lift.

Sebelum lift dihidupkan harap diperiksa terlebih dahulu hal-hal berikut ini:

  1. Pada mesin yang menggunakan gear, periksa minyak pelumas pada gear box melalui pipa penduga (letak disamping mesin). Pada keadaan berhenti, oli pada pipa penduga 2,5 cm dibawah permukaan pipa penduga.
  2. Perhatikan part-part yang ada di controller apakah ada benda-benda asing yang mungkin dapat mengakibatkan lift tidak jalan.
  3. Periksa tacho generator atau encoder terutama pada bagian-bagian yang bergerak (gear, proximity dll) agar bebas dari benda-benda asing yang mungkin dapat menimbulkan kerusakan pada part-part tersebut.
  4. Periksa hoist rope (kabel baja penggantung) harus dalam kedudukan yang baik, dan tidak ada benda-benda asing yang mengganggu.
  5. Jika pintu kereta dalam keadaan terbuka, maka periksalah switch di dalam kereta, harus berada dalam keadaan “ON” dan juga harus diperiksa apakah ada benda-benda yang berada dalam daerah pintu tersebut yang mungkin mengakibatkan kemacetan.
  6. Jika semua hal tersebut diatas dalam keadaan yang sebetulnya, maka main switch bisa dipindahkan pada kedudukan “ON” dan lift akan berjalan.

B. Cara Mematikan Lift

Seperti yang telah kami sebutkan bahwa sebetulnya lift jika tidak dipergunakan dalam jangka waktu yang relatif singkat, lift tersebut tidak usah dimatikan. Namun jika misalnya dalam malam hari lift tidak dipakai maka dapat juga dimatikan.

Jika mau dimatikan untuk jangka waktu yang lama, maka sebaiknya lift dimatikan di lantai yang paling atas. Hal ini penting karena beban  imbang lebih berat dari beban kosong.

Dibawah ini kami jelaskan bagaimana cara mematikan lift:

Panggil lift ke lantai paling atas, setelah lift berhenti dan rata dengan lantai luar, matikan main switch diruang mesin (dalam hal ini perlu dipastikan bahwa didalam lift tidak ada penumpang).

Sebaiknya mematikan lift dalam keadaan pintu tertutup dan jangan merubah posisi switch yang ada di dalam kereta.

Demikianlah cara-cara menghidupkan dan mematikan lift, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *