Cara kerja sistem pengaman kecepatan pada lift/ Elevator

over speed governor
flyball overspeed governor
flyball overspeed governor

Pengaman kecepatan atau Overspeed governor menurut designya, secara garis besar ada 2 jenis. Yaitu Centrifugal dan flyball, kedua-duanya bekerja menggunakan gaya sentrifugal. Pada lift dengan kecepatan rendah banyak menggunakan Centrifugal governor sedangkan lift dengan kecepatan tinggi menggunakan flyball.

Menurut beberapa pendapat bahwa flyball lebih sensitive, tetapi semua itu hanya sekedar perdebatan dalam hal design governor itu sendiri.

Cara kerja governor yaitu merubah kecepatan putar dari governor menjadi gaya yang dapat menghentikan putaran governor itu sendiri.

Batas kecepatan trip pada suatu governor telah ditentukan atau diset melalui dari pabrik pembuat dengan melalui pengujian. Pemilihan governor ini disesuaikan dengan kecepatan liftnya. Jadi ketika kecepatan lift melebihi kecepatan tertentu (biasanya diset antara 15-20% diatas kecepatan lift) maka gaya centrifugalnya cukup untuk membuat governor terkunci.

over speed governor
centrifugal over speed governor

Maka dengan berhentinya putaran pada governor, akan membuat rope governor berhenti sedangkan car lift tetap berjalan. Perbedaan kecepatan ini akan menarik tuas dari locking mechanism pada safety gear. Selanjutnya safety gear akan menjepit/ menggigit rail dengan kuat yang ada pada sisi kiri dan kanan lift dan memaksa lift untuk berhenti.

Dan biasanya karena safety gear mengunci dan car dalam kecepatan cukup tinggi maka mengakibatkan rail rusak atau bahkan bisa bengkok. Dan tentu saja jika rail rusak/ bengkok harus diganti. Pengetesan governor dilakukan biasanya karena memang ada rencana untuk melakukan penggantian rail karena pengetesan ini bersifat “Drop Test”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *