over speed governor

over speed governorLift adalah satu-satunya pesawat angkut manusia yang pada saat operasinya tidak dikemudikan atau dioperasikan oleh manusia sehingga semua penumpang lift sepenuhnya tergantung pada kehandalan dari teknologi lift itu sendiri. Oleh karena itu keyakinan akan berfungsinya alat pengaman pada saat operasi merupakan hal yang paling utama.

sebagian peralatan pengaman pada lift dipasang secara serial, shingga apabila salah satu alat tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya seluruh pesawat lift tersebut akan mati dan tidak dapat dioperasikan sampai dengan alat pengaman tersebut difungsikan kembali.

Adapun peralatan pengaman tersebut dapat dikelompokan menjadi 4 bagian berdasarkan tempatnya, yaitu:

  1. Alat pengaman di ruang masin
  2. Alat pengaman di ruang luncur
  3. Alat pengaman di kereta
  4. Alat pengaman di pit

Baiklah akan saya jelaskan satu persatu alat pengaman tersebut.

A. Alat pangaman di ruang Mesin

Alat pengaman di ruang mesin dapt digolongkan menjadi 2 (dua) bagian, yaitu:

  1. Alat pengaman bersifat listrik.
  2. pengaman mekanik

OLeh karena pengecekan alat pengaman bersifat kelistrikan memrlukan keahlian khusus dan hampir kesemuanya didalam dalam kontrol panel, maka tidak akan kita bicarakan diposting ini. Yang akan kita bicarakan yaitu alat pengaman yang bersifat mekanik.

Alat pengaman mekanik yang ada di ruang mesin antara lain:

1.Speed Governor

a. Fungsinya: Untuk mendeteksi kecepatan lebih (arah turun) dan mengaktifkan mekanis pengaman yang ada di kereta (safety device). Biasanya alat tersebut telah diset dari pabrik pada 110% & 115% dari kecepatan nominal lift.

b. Cara kerja: Puli goevernor dihubungkan dengan kereta dan mempunyai sistem bandul yang akan bekerja berdasarkan kecepatan centrifugal akan mengaktifkan suatu mekanisme yang dapat mengunci rope governor sehingga tali baja (rope governor) menarik safety block (safety gear) yang berada di kereta dan menguncinya sehingga kereta terkunci pada rel.

Alat ini juga duhubungkan dengan rangkaian pengaman elektrik yang akan bekerja pada kecepatan 110% dari nominal kecepatan lift. Sehingga sebelum pengaman mekanik bekerja, speed governor akan memutus arus listrik yang ada di panel control dan selanjutnya alat pengaman mekanik bekerja.

2. Rem Mekanik

a. Fungsi: Untuk memastikan lift berhenti

b. Cara kerja: Rem ini bekerja berdasarkan pegas yang dipasang pada dudukan sepatu rem yang cara pembukaanya digerakan oleh koil rem yang dialiri arus listrik DC (biasanya 110VDC). Semua peralatan pengaman dihubungkan dengan koil rem ini. Pada saat motor traksi mati maka rem ini akan menutup. Untuk membuka rem ini (saat darurat) diperlukan peralatan khusus yang biasanya disediakan di ruang mesin.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *